Jumat, 30 September 2016

Perkenalan Kedua ( Permen Soba )

PERMEN SOBA MENCOBA BERTAHAN SEIRING PERKEMBANGAN JAMAN 





     Permen Soba, atau gula-gula Soba adalah permen yang telah diproduksi dan dijual jauh sebelum muncul berbagai permen yang memiliki beragam rasa dan bentuk dengan kemasan yang menarik beredar dipasaran.

     Mungkin anak-anak generasi sekarang tidak banyak yang mengetahui permen yang dibuat dengan cara tradisional ini, namun di salah satu Desa di Kabupaten Gorontalo, gula-gula soba masih menjadi primadona bagi penggemarnya.

     Ida Topali (29), warga Desa Dulamayo, Kabupaten Gorontalo yang merupakan salah satu pembuat permen Soba yang masih bertahan mengaku, walaupun penjualan permen yang memiliki rasa yang khas tersebut masih memiliki pelanggan walaupun hanya untuk lokal saja.

     "Saat ini produk permen Soba hanya saya jual didaerah sekitar Kabupaten Gorontalo saja, seperti di warung dan pasar, sistem titip saja," ungkap Ida.

     Namun Ida juga mengatakan, setiap minggu ada pesanan dari sejumlah toko di daerahnya, walaupun saat ini berkurang jumlah pemesanannya.

     Untuk harga, Ida menjual Rp. 1.000,- untuk enam buah permen jika dititipkan diwarung ataupun pasar, namun untuk pemesanan khusus, ia menjual Rp. 1.000,- per tujuh buah.

     "Untuk membuat 2.000 buah permen Soba, dibutuhkan 10 butir kelapa, satu kilogram gula merah/aren, dua kilogram gula putih, dua liter kacang tanah dan kertas minyak 10 lembar" jelas Ida.

    Cara pembuatannya:
1.    Gula putih dimasak hingga mendidih, setelah itu masukkan air santan dan diaduk hingga merata
2.    Campurkan dengan gula merah/aren yang telah dididihkan terlebih dahulu dan diaduk selama kurang lebih dua jam hingga adonan cukup kental dan masukkan kacang tanah.
3.    Adonan siap, masukkan kedalam loyang yang dilapisi plastik dan didinginkan selama lima menit, setelah itu adonan siap di kemas kedalam kertas minyak yang telah digunting sesuai ukuran yang diinginkan," jelasnya.


   Dan Meurut Ida, bagi sejumlah orang, permen Soba memiliki khasiat untuk menyembuhkan batuk berdahak walaupun Ia sendiri tidak mengetahui asal rumor tersebut

1 komentar:

  1. 10 butir kelapa bisa jadi brapa liter santan.
    santan yang dipake itu kapala santan ?

    BalasHapus